Sabtu, 05 September 2009

Masa Lalu, Masa Depan, dan Masa Sekarang

Jakarta, 5 September 2009. Menjelang akhir pekan untuk beristrahat dari rutinitas, saya terima milis dari teman yang belum saya kenal betul , tetapi rasanya pernah bertemu sekali saja. Feeling kadang kala banyak benarnya dalam kehidupan saya selama ini. Dan teman satu ini rajin kirim email kepada saya. Terlepas dari misteri ini sebaiknya kita baca juga milis tersebut.

“Yesterday is History. Tomorrow is a mystery. And today? Today is a gift. That’s why we call it the present.”
Itu adalah kata bijak dari B.Olatunji. Kata-kata itu sungguh sangat bermakna bagi kita. Dapat diartikan bahwa masa lalu kita hanyalah sebuah sejarah bagi kita, jangan hanya terus-terusan memikirkan tentang masa lalu kita karena mungkin kita akan hanya mendapat penyesalan. Masa lalu adalah sejarah bagi kita dan tentunya tidak boleh juga kita lupakan masa lalu kita, karena tanpa masa lalu maka kita tidak ada seperti sekarang. Jadikanlah masa lalumu sebagai suatu motivasi untuk berbuat lebih baik lagi, jika ada kesalahan pada masa lalu jangan sesali tetapi perbaikilah dan yang penting jangan melakukan kesalahan itu lagi dan jika ada hal yang baik teruskanlah hal-hal baik itu agar hidup kita menjadi lebih baik.

Setelah itu masa depan kita hanyalah sebuah misteri bagi kita. Jadi jangan terlalu berlebihan dalam memikirkan masa depan kita, memang kita perlu memikirkan masa depan kita tetapi janganlah terlalu berlebihan karena itu hanya sebuah misteri bagi kita dan kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada kita nantinya. Jika kita terlalu berlebihan dalam memikirkan masa depan kita justru akan tidak berusaha untuk menjalani hidup kita yang sekarang karena kita hanya terus-terusan memikirkan masa depan kita tanpa adanya usaha untuk mencapai yang kita inginkan di masa depan.

Lalu berikutnya adalah masa sekarang dan ini menjadi yang terpenting bagi kita karena sekarang adalah pemberian untuk kita agar kita dapat membuat sejarah kita dan kita dapat memecahkan misteri kita. Artinya yang harus kita pikirkan sekarang adalah masa sekarang, hari ini, apa yang akan kita lakukan dan itu semua akan membentuk sejarah kita nantinya karena hari ini juga akan menjadi masa lalu lalu juga akan dapat memecahkan misteri kita di masa depan. Jadi yang harus kita lakukan adalah bagaimana kita menjalani masa sekarang dengan baik dan tidak menyia-nyiakannya karena sekarang adalah pemberian untuk kita dan kita harus memanfaatkannya dengan baik agar hidup kita juga lebih baik.

Jadi Masa sekarang atau hari ini harus kita jalani dengan baik agar nantinya kita punya masa lalu yang menjadi sejarah kita baik juga serta masa depan atau misteri kita dapat menjadi sesuatu yang baik bagi kita nantinya.

Tidak ada komentar: